RPP Sejarah Peminatan SMA/MA Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2014

Pendidikan Sejarah merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan kesejarahan dari serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik. Untuk mewujudkan prinsip pembelajaran dimaksud maka Kurikulum 2013 mengamanatkan untuk menggunakan pendekatan ilmiah (scientific) dalam proses pembelajaran, dengan menerapkan model dan metode yang lebih mengaktifkan peserta didik. Agar hal di atas bisa diwujudkan oleh setiap pendidik, maka selanjutnya disusun rancangan pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

RPP Sejarah Peminatan dibuat sebagai operasionalisasi dari silabus yang telah disusun sebelumnya. Melalui RPP inilah rincian kegiatan pembelajaran selama dalam waktu tertentu akan terlihat jenis dan variasi kegiatan peserta didik dengan menggunakan metode yang relevan bahkan sampai pada jenis penilaian yang akan digunakan selama proses pembelajaran maupun akhir kegiatan pembelajaran.

 

Perangkat Pembelajaran RPP Sejarah Peminatan SMA/MA Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2014 disusun sesuai Permendikbud No. 58, 103 dan 104 tahun 2014. Sangat praktis karena dibuat dalam format file ms.word. Andapun sebagai guru dapat mengubahnya dengan mudah.

DETAIL

  1. Setiap RPP secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  4. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
  5. Berbasis konteks,
  6. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan mas kini.
  7. Mengembangkan kemandirian belajar,
  8. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan
  10. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan da keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  11. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  12. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  13. Memuat: Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan
  14. Teknik penilaian
    a. Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman
    b. Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan
    c. Keterampilan: praktik, proyek, portofolio

Dalam penyusunan RPP Sejarah Peminatan Kurikulum 2013 revisi 2014 kelas  12, materi pembelajarannnya meliputi 10 KD yaitu:

  1. Perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
  2. Sejarah organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
  3. Sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global
  4. Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950
  5. Peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal-awal  kemerdekaan
  6. Hubungan kausalitas kebijakan politik dan pemberontakan antara  tahun 1948 – 1965
  7. Pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia
  8. Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi
  9. Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
  10. Perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *