RPP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2014

 

Penyusunan rencana pembelajaran dapat menyegarkan pengetahuan bagi pendidik, untuk mengingat hal-hal penting dalam proses belajar dan materi pelajaran. Hal ini dapat menentukan metode yang tepat dan bervariasi untuk pelajaran tertentu. juga evaluasi untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti) memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek agar proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran berakibat terhadap nurturant effect dan juga proses penyusunannya menggunakan pendekatan sistem, dan memberikan pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.

Untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang ingin dicapai pendidik diharapkan dapat memberikan materi pelajaran yang menarik dan sistematis sehingga apa yang ingin disampaikan oleh pendidik dan apa yang diterima oleh peserta didik dapat memberikan umpan balik yang positif, keterkaitan dan keterpaduan antara materi pembelajaran dan proses ketika pembelajaran berlangsung sangat berperan penting untuk mengakomodasi keterpaduan lintas mata pelajaran yang disampaikan.

Perangkat Pembelajaran RPP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2014 disusun sesuai Permendikbud No. 58, 103 dan 104 tahun 2014. Sangat praktis karena dibuat dalam format file ms.word. Andapun sebagai guru dapat mengubahnya dengan mudah.

DETAIL

  1. Setiap RPP secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  4. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
  5. Berbasis konteks,
  6. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan mas kini.
  7. Mengembangkan kemandirian belajar,
  8. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan
  10. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan da keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  11. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  12. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  13. Memuat: Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan
  14. Teknik penilaian
    a. Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman
    b. Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan
    c. Keterampilan: praktik, proyek, portofolio

PERANGKAT PEMBELAJARAN
DAFTAR ISI :

  1. Cover
  2. Permendikbud
  3. Lampiran Permendikbud
  4. Silabus
  5. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  6. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  7. Penentuan KKM
  8. Kalender pendidikan
  9. Analisis Alokasi Waktu
  10. Analisis Kompetensi Terhadap Waktu
  11. Program Tahunan
  12. Program Semester
  13. RPP
  14. Rubrik/Instrumen dan Teknik Penilaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *