RPP Matematika Peminatan SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2014

Untuk rekan guru jenjang SMA yang mengajarkan mata pelajaran Matematika Peminatan Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan antara pengetahuan, kompetensi sikap, dan skill (keterampilan), kemampuan dari mata pelajaran matematika ini diharapkan dapat membentuk pembelajaran berkelanjutan dimulai dari peningkatkan pengetahuan tentang langkah-langkah penyelesaian soal matematika, dilanjutkan dengan keterampilan untuk menyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikannya.

Dengan demikian untuk mempermudah hal diatas tersebut maka setiap guru wajib memiliki RPP Matematika Peminatan tersebut.

DETAIL

  1. Setiap RPP secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  4. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
  5. Berbasis konteks,
  6. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan mas kini.
  7. Mengembangkan kemandirian belajar,
  8. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan
  10. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan da keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  11. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  12. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  13. Memuat: Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan
  14. Teknik penilaian
    a. Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman
    b. Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan
    c. Keterampilan: praktik, proyek, portofolio

Adapun materi yang disusun dalam RPP Matematika Peminatan kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2014 yang sesuai dengan permendikbud nomor 58, 103 & 104 yaitu

  1. Sifat operasi aljabar padapolinomial dan menerapkannyadalam menyelesaikan masalah matematika
  2. Aturan perkalian dan pembagian polinomial dan menerapkan teorema sisa dan dan pemfaktoran polinomial dalam menyelesaikan masalahmatematika
  3. Sifat- sifat irisan kerucut(parabola, hiperbola, dan ellips) dan menerapkannyadalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika
  4. Hubungangaris direktis, titik fokus dan titik-titik padakurvaparabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannyadalam pemecahan masalah
  5. Unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips untukmenggambarkurva danmengidentifikasi sifat-sifatnya
  6. Konsep lingkaran dan menganalisis sifat-sifat irisan dualingkaran dan menerapkannyadalam memecahkan masalah
  7. Penarikan sampel acak dari suatu populasi sekumpulan objek atau kejadian sehari-hari
  8. Penarikan kesimpulan melalui uji hipotesisdengan kriteriatertentu
  9. Konsep variabel acak, dan menganalisis untuk merumuskan fungsi distribusi binomial melalui percobaan acak
  10. Konsep dan sifat-sifat limitfungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menujuketakhinggaan dan menggunakan  dalam pemecahan berbagai masalah
  11. Konsep turunan fungsi trigonometri untuk menurunkan sifat-sifatnyaserta menggunakannyadalammemecahkan masalah
  12. Konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri dan menerapkannyauntuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimumdan titik belok)
  13. Bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dansifat turunan fungsi dan garis singgung kurvadalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akarpersamaan aljabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *