RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bahasa Arab

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016-  merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan mudah dalam belajar. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sekolah, mata pelajaran. Perencanaan pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik atau guru berkewajiban untuk menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, kondusif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan efisien serta dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada satuan pendidikan diselenggarakan secara insfiratif, interaktif,menantang,menyenangkan dan memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa dan kemandirian sesuai minat,bakat dan perkembangan fiisik serta psikolog siswa.untuk satuan pendidikan harus membuat perencanaan pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk tercapainya kompetensi lulusan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan administrasi sangat penting bagi seorang guru untuk melaksanakan rencana pembelajaran. Pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 tentunya perlu disesuaikan dengan kurikulum yang dipergunakan saat ini. Pada penyusunanan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016 , tenaga pengajar perlu memahami dasar-dasar terlebih dahulu dan perlu memahami prinsip-prinsip penyusunana RPP.

 Prinsip-Prinsip Penyusunan

  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran
  2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan
  3. RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
  4. RPP harus sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam
  5. RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
  6. RPP mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik. Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  8. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya
  9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

DAFTAR ISI PERANGKAT PEMBELAJARAN :

  1. Cover
  2. Permendikbud
  3. Lampiran Permendikbud
  4. Silabus
  5. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  6. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  7. Penentuan KKM
  8. Kalender pendidikan
  9. Analisis Alokasi Waktu
  10. Analisis Kompetensi Terhadap Waktu
  11. Program Tahunan
  12. Program Semester
  13. RPP
  14. Rubrik/Instrumen dan Teknik Penilaian

Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016 harus mengikuti permendikbud no 53 tahun 2015 yang tertuang dalam aturan terbaru yang sudah final. Pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum 2013, merupakan pembelajaran Intredispliner, Intradisipliner, Multidisipliner dan Transdispliner.

Dalam menysusun RPP Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016m sebaiknya guru memahami dasar-dasarnya seperti Pengertian RPP, Perinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Komponen RPP, dan Lain sebagainya.

Pengertian RPP

  1. rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013: 37)rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
  2. dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu  pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). (Kemdikbud, 2013: 9)

Dalam menysusun RPP Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016, sebaiknya guru memahami dasar-dasarnya seperti Pengertian RPP, Perinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Komponen RPP, dan Lain sebagainya.

Silahkan klik pada link di bawah ini untuk mendapatkan file contoh

RPP Bahasa Arab kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Baca juga : RPP seni budaya sma kelas 11 kurikulum 2013 revisi 2014 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *