Select Page

RPP Kurikulum 2013 merupakan sebuah rencana yang menggambarkan prosedur pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. RPP Kurikulum 2013 perlu mengembangkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik. Guru wajib menyusun RPP Kurikulum 2013 yang sistematis dan seacara lengkap agar ketika memulai proses pembelajaran akan berlangsung secara interaktip, menantang, inspiratip, efisien, menyenangkan, serta memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi, serta memberikan ruang yang cukup. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.

Demikian  RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 sering menjadi kendala bagi kalangan guru .  Ada beberapa faktor penyebab antara lain (1) guru belum sepenuhnya memahami esensi dari masing-masing komponen penyusunan RPP (2) Kemudahan mendapatkan file dari guru satu ker guru lain yang sebeneranya tidak akan bisa diterapkan di kelas karena modalitas, karakteristik, potensi siswanya berbeda, namun RPP itu tetap saja digunakan, (3) Peraturan yang mengatur tentang pembelajaran belum di baca dengan utuh atau bahkan tidak pernah dibaca dan (4) kecenderungan berfikir bahwa RPP merupakan pemenuhan  administrasi saja. Kendala ini dapat teratasi jika guru mau berubah, dari pemahaman RPP sebagai pemenuhan  administrasi menuju RPP sebagai kewajiban profesional.

Akibatnya tenaga pengajar perlu  mempersiapkan sumber belajar dan media,  serta penilaian pembelajaran yang sudah dikembangkan baik secara individual maupun berkelompok. RPP taught curriculum yang berarti bahwa apa yang sudah dirancang dalam K13 dimana harus tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk tercapai hasil belajar peserta didik atau learned curriculum yang merupakan hasil dari pengalaman belajar yang dirancang dalam RPP

Selanjutnya Langkah-langkah mengembangkan RPP

Menurut panduan teknis penyusunan RPP di Sekolah Dasar, pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau yang disebut RPP Tematik. RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik adalah:

  1. Mengkaji silabus tematik
  2. Mengidentifikasi materi pembelajaran
  3. Menentukan tujuan
  4. Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
  5. Penjabaran jenis penilaian
  6. Menentukan alokasi waktu
  7. Menentukan sumber belajar.

Bagi anda yang  membutuhkan contoh  RPP  Silahkan klik link yang tertara dibawah ini

RPP Akidah akhlak Kelas  MA Kelas 12 Revisi 2016

Baca juga

RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2016

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Fikih Kelas 2

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Akidah AKhlak Ma Kelas 10 Revisi 2016

RPP KURIKULUM 2013, RPP PAK & BP, RPP Revisi 2014