Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013  Permedikbud Tahun 2016 Nomor 22, Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 edisi Revisi, Komponen RPP, identitas mata pelajaran indentitas sekolah, , tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi merupakan banyak kata yang membantu anda untuk fokus pada isi postingan atau materi artikel tersebut.

Ketika tahun ajaran baru sudah dimulai, Semuah guru sudah mulai sibuk untuk menjadwalkan pelajaran dan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik apakah masih di kelas yang sama atau berganti kelas, bisa jadi mendapatkan materi pelajaran lain sesuai apa yang dibutuhkan sekolah guru tersebut . Namun demikian banyak hal perlu dipersiapkan oleh para guru sebelum melaksanakan belajar mengajar yang membuat  guru kadang bingung adalah ketika kepala sekolah mengatakan untuk segera membuat dan mengumpulkan Perangkat Pembelajaran Tahun ajar terbaru dimana untukl semua kalangan pendidik RPP  itu sangatlah penting

Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?

Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru adalah :

a)   RPP adalah merupakan bukti kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh guru;b)   RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan aktivitas di kelas;

c)   Dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi tersebut;

d)   Dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana dikelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran.

Ok wajar saja kalau guru kadang merasa bingung dengan RPP ini dimana saat ini di kalangan pendidikan kita masih memakai KTSP dimana ingin beralih ke Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013, kemudian ada yang sudah memakai Perangkat Pembelajaran  namun seiring perbuhan waktu guru sekarang diminta untuk memakai Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 versi revisi. Alhasil daripada bingung memikirkan RPP, dan apa lagi untuk membat  RPP yang versinya kadang kurang lengkap, maka beberapa mencari “solusi terbaik” yaitu mencari RPP dari teman atau sekolah lain yang sudah “kategori jadi” untuk diedit ulang atau copas 100%. serta ada juga yang mencari RPP dengan bantuan mba Google seperti yang ada disini. File yang akan kami berikan tinggal anda download saja dengan mudah tanpa adanya menggunakan code terlebih dahulu untuk men-dwnloadnya hee.heee..

Sebelum men-download beberapa RPP, sebaiknya pula kita memakai referensi terbaru sebagaimana yang diatur dalam Permendikbud Tahun 2016 Nomor 22 dalam lampiran sebagaimana tertera berikut ini.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Dimana setiap Pendidikan pada satuan pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis bertujuan agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

baca juga : Rpp Akidah akhlak Revisi 2016 Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013

Komponen RPP

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, yang merupakan pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013, komponen RPP adalah sebagai berikut ;

a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

c. kelas/semester;

d. materi pokok;

e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

m. penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip Penyusunan RPP

a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

b. Partisipasi aktif peserta didik.c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Demikian komponen RPP dan prinsip penyusunannya, yang diadopsi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 22 tahun 2016. Semoga menjadi panduan sahabat-sahabat guru untuk menyusun RPP dan tentunya untuk mempersembahkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak bangsa.

Oke, agar tidak membuang tenaga, uang, dan waktu para guru agar tetap fokus pada persiapan mengajar dan meningkatkan kualitas anak didik, kami akan memberikan contoh Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013  secara lengkap dan cuma-cuma yang bisa di-download berdasarkan mata pelajaran seperti tertera di bawah ini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Kurikulum 2013 Terintegra Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013  PAK Kelas 4 Revisi 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMP IPA KELAS 7 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

RPP Kearsipan SMK Kelas 10 Kurikulum 2013 Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS

RPP Fisika Multimedia SMK Kelas 10 Kurikulum 2013 Terintegrasi Abad 21, PPK, Literasi dan Hots Revisi 2017

RPP IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2107

RPP IPA SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk Mendapatkan Perangkat Pembelajaran  RPP Lengkap Full Semester silahkan kunjungi www.divapendidikan.com